Home Articles
Ongky Hojanto - Blog

Cara Membuat Presentasi yang Berkesan

E-mail Print PDF

Motivator Indonesia |Training Motivasi | Kualitas presentasi yang buruk dapat diketahui dalam waktu sebulan, seminggu, atau bahkan sehari sesudah presentasi tersebut, tidak seorangpun ingat akan isisnya. Atau apabila mereka ingat sesuatu tentang presentasi tersebut, cara mereka berprilaku tidak berubah dibandingkan sebelum mereka menghadiri presentasi tersebut. Oleh sebab itu, untuk membuat presentasi anda efektif, anda harus mempersiapkan agar isi presentasi anda berkesan, bermanfaat, dan mudah diterapkan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar strategi ini bukan saja terlaksana dengan baik, melainkan juga memberikan hasil yang besar. Hasil penelitian menunjukan bahwa biasanya 24 jam sesudah mendengarkan suatu presentasi, peserta akan melupakan setidaknya 50 persen dari semua informasi yang disampaikan. Dalam waktu 24 jam berikutnya, 50 persen lagi akan terlupakan. Artinya, hanya dalam waktu 48 jam sesudah mendengarkan presentasi, sebesar apapun perhatian peserta tersebut, sebaik apapun catatan yang dibuatnya, ia akan melupakan sekitar 75 persen dari segala sesuatu yang dikatakan presenter tersebut.

Last Updated on Monday, 20 March 2017 05:42 Read more...
 

3 Teknik Jeda dalam Public Speaking

E-mail Print PDF

Motivator Indonesia | Training Motivasi | Memanfaatkan jeda yang mengundang tepuk tangan. "Kata yang tepat mungkin efektif, namun tanpa katapun justru sama efektifnya seperti saat jeda yang tepat. -Mark Twain-

Para presenter terbaik di dunia mereka sangat efektif dalam hal memanfaatkan saat jeda. Faktanya, Ed Tate, presenter terbaik dunia tahun 2000 memanfaatkan saat jeda selama 6 detik penuh. Di atas panggung, keheningan selama enam detik terasa seabad. Namun demikian, selama enam detik yang berpengaruh itu, dia menguasai panggung. Dalam keheningan tersebut, lebih banyak yang terucap daripada yang diucapkan oleh kata-kata. Berikut 3 teknik jeda dalam Public Speaking:

Last Updated on Monday, 20 March 2017 05:46 Read more...
 

3 Teknik Mengendalikan kecemasan dalam Public Speaking

E-mail Print PDF

Motivator Indonesia | Training Motivasi | Hampir semua pembicara, termasuk para presenter hebat, merasa cemas sebelum dan selama presentasi tertentu. Kiat untuk mengendalikan kecemasan yang berlebihan adalah jangan biarkan kecemasan tersebut mengendalikan Anda. Cukup dengan membedakan antara kecemasan normal dan kecemasan berlebihan, Anda sudah terbantu. Kecemasan, stress, dan ketegangan memang diperlukan. Tugas anda bukanlah meniadakan kecemasan, karena tindakan tersebut kontra-produktif. Tugas anda hanyalah mengendalikan kecemasan yang berlebihan.

Misalnya, kecemasan normal muncul saat anda sudah sepenuhnya siap memberikan presnentasi. Anda mungkin masih tetap gugup saat menyampaikannya, namun anda merasa yakin bahwa segera sesudah mulai, anda akan tenang. Kecemasan berlebihan terjadi ketika anda cemas akan melupakan beberapa hal penting atau anda menyampaikan hal tersebut dalam urutan yang keliru. anda memulai presentasi tersebut dengan sejumlah besar ketakutan dan prasangka. Kondisi ini tidak akan membaik.  Berikut ada 3 teknik yang dipakai para presenter hebat untuk mengendalikan kecemasan yang berlebihan:

Last Updated on Monday, 20 March 2017 05:52 Read more...
 

3 Teknik Presentasi Yang Menarik

E-mail Print PDF

Motivator Indonesia | Training Motivasi | Presentasi yang diberikan terlalu panjang kedengaran seperti kuliah ekonomi. Presentasi seperti itu tidak memiliki kefasihan dan tidak memanfaatkan banyak cerita, humor, atau acuan ilustratif untuk memberinya daya tarik manusiawi. Anda tidak mungkin melakukan lebih buruk lagi, bukan?

Banyak presenter menyiapkan isinya secara berlebihan, namun kurang persiapan dalam hal penyampaiannya. Sementara isi presentasi presenter lain singkat, namun penyajiannya hebat. Para presenter hebat menemukan keseimbangan yang ideal di antara kedua hal itu. Berikut ada 3 teknik untuk membantu Anda mengembangkan penyampaian yang menarik dalam presentasi:

1. Menghindari Pembukaan yang Usang

Usang artinya "sudah menjadi biasa akibat sering digunakan." Tidak ada pembukaan yang lebih biasa daripada pembukaan yang dapat diduga dan asal-asalan seperti "Saya merasa bahagia berada disini, atau

Last Updated on Monday, 20 March 2017 05:55 Read more...
 


Page 5 of 45