Home Articles
Ongky Hojanto - Blog

3 Teknik untuk Mengenali Peserta Anda

E-mail Print PDF

Motivator Indonesia | Training Motivasi | Kita semua telah mendengar pepatah "kenalilah dirimu sendiri.' Dalam kaitannya dengan memberikan presentasi yang berpengaruh, anda bukan hanya perlu "mengenal diri sendiri," melainkan juga harus "mengenal peserta." hanya karena anda telah bekerja dalam organisasi/ perusahaan yang sama selama bertahun-tahun, janganlah anda berasumsi (yang tidak benar) bahwa anda telah mengenal peserta. Berikut 3 teknik cara untuk mengenali peserta anda:

1. Survei Sebelum Presentasi

Ada dua tipe utama survei sebelum presentasi. Survei tipe pertama adalah survei umum yang dipakai untuk menilai latar belakang sosial peserta. Survei dasar ini dirancang untuk memberi anda informasi mengenai jumlah orang yang akan diundang, perbandingan antara peserta wanita dan peserta pria, tingkat pendidikan para peserta, dan kondisi keragaman peserta anda. Survei sebelum presentasi tipe kedua memberikan informasi yang lebih terinci, dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang spesifik untuk menilai cara belajar khusus dan/ atau kebutuhan perkembangan spesifik peserta.

2. Wawancara Melalui Telepon

Karena wawancara langsung itu menghabiskan waktu, maka subjek mungkin enggan melakukan wawancara tatap muka. Namun apabila hal ini terjadi, pertimbangkan untuk melakukan wawancara melalui telepon. Wawancara melalui telepon memberi dua keuntungan utama, menyenangkan dan kesannya subjek tidak dikenali (anonim). Sudah tentu konsep anonim hanya sekedar persepsi, tetapi yang jelas beberapa orang lebih terbuka dalam wawancara melalui telepon daripada wawancara tatap muka.

Last Updated on Friday, 24 March 2017 04:03 Read more...
 

4 Cara Menyelaraskan Presentasi Sesuai Kebutuhan

E-mail Print PDF

 

Motivator indonesia | Training Motivasi | Banyak orang pernah mengendarai mobil dengan ban yang tidak berimbang. Akibatnya, perjalanan tidak terasa nyaman, tidak menyenangkan, dan menganggu. Analogi ini juga dapat terjadi dalam sebuah presentasi. Apabila presenternya tidak selaras dengan pesertanya, presenter akan mengalami "perjalanan" presentasi yang tidak mulus dan para peserta tidak memperoleh presentasi yang m

enyenangkan dan perhatian mereka cepat teralihkan. Oleh karena itu, mengenal peserta saja tidak cukup, anda juga harus memastikan sasaran, tujuan, organisasi, dan sasaran peserta itu semuanya selaras.

Ada empat unsur penting yang dapat membantu menyelaraskan presentasi dengan kebutuhan dan harapan peserta dan organisai. Unsur-unsur tersebut:

1. Keseuaian antara topik yang dipresentasikan dengan presentasi lain yang akan di sampaikan.

Mencari informasi lengkap tentang program tersebut, disamping tema dan jadwalnya sebelum anda setuju memberikan presentasi.

2.Tingkat pengalaman peserta

Dua kesalahan presentasi yang tidak termaafkan adalah pembicaraan kita kurang berkualitas atau terlalu tinggi bagi mereka. Oleh karena itu, anda harus berusaha mengetahui tingkat pengalaman yang dimiliki peserta. Apabila

Last Updated on Wednesday, 22 March 2017 09:40 Read more...
 

4 Cara Mengembangkan Bahan Pembicaraan|Public Speaking

E-mail Print PDF

Motivator Indonesia | Training Motivasi | Di bawah ini ada empat cara untuk mengembangkan bahan-bahan pembicaraan yang memberi jaminan akan mendapat perhatian dari para pendengar. Jika anda mengikuti keempat langkah dibawah ini waktu mengadakan persiapan, makan anda akan berada di jalan yang benar untuk memperoleh perhatian.

1. Batasi Pokok Pembicaraan Anda

Begitu anda telah memilih topik pembicaraan, langkah pertama adalah untuk membatasi luasnya bahan pembicaraan itu dan jagalah agar jangan melangkah keluar dari batas yang telah ditentukan. Janganlah membuat kesalahan karena membuat batas yang terlalu luas. banyak sekali pidato-pidato atau ceramah-ceramah yang melampaui batas yang semestinya karena terlalu banyak mencakup pokok pembahasan yang tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dalam suatu percakapan yang pendek yang tidak melebihi waktu lima menit, yang bisa anda harapkan hanyalah mengetengahkan satu atau dua pokok persoalan. Dalam pembicaraan yang lebih lama lagi yang melebihi tiga puluh menit, hanya sedikit saja pembicara yang berhasil mengetengahkan persoalan yang mencakup lebih dari empat atau lima pokok persoalan.

Last Updated on Monday, 20 March 2017 04:42 Read more...
 

Workshop Certified Trainer

E-mail Print PDF

Tanggal 17 – 19 Maret 2017, Pakar Public Speaking bapak Ongky Hojanto mengajar kembali di kelas regulernya Trainerpreneur batch 36. Peserta berjumlah 13 orang yang hadir dari berbagai kota.

Workshop ini di mulai dari jam 09.00 – 21.00 WIB. Dalam sesi ini pakar Public Speaking Ongky Hojanto membahas beberapa poin penting untuk menjadi seorang Trainer, berbeda dengan public speaking disini selain peserta akan belajar mengenai cara berbicara di depan umum, menyusun presentasi dan bahasa tubuh yang elegan, Certified Trainer juga Self Mastery yang mengajarkan peserta untuk menggali potensi diri yang dibawakan besama Subject Mastery dimana peserta diajarkan agar menjadi lebih percaya diri tanpa rasa takut atau grogi ketika presentasi, lalu ada Sequencing yaitu teknik bagaimana menyusun isi presentasi, dengan Showmanshio atau bahasa tubuh yang elegan, supaya peserta terlihat menarik ketika membawakan presentasi, lalu Salesmanship atau menjual produk dan terakhir adalah Set Up.

Selama Workshop berlangsung, terlihat sekali para peserta yang begitu antusias mendengarkan apa yang Mr. Ongky sampaikan, mengaplikasikan apa yang mereka pelajari dengan senang hati dan bersemangat. Hampir seluruhnya begitu tertarik mengenai materi yang disampaikan oleh Mr. Ongky dan menjadikan workshop ini lebih menyenangkan karena komunikasi antar peserta dengan Mr. Ongky dan beberapa humor yang beliau sampaikan.

Info belajar  / training public speaking bersama pakar public speaking bersama Ongky Hojanto hubungi 0811 344 0909

Last Updated on Friday, 17 March 2017 08:16
 


Page 4 of 45